Categories
from author

STOP PRESS : SEORANG WANITA DIMINTA TURUN DARI ETIHAD AIR !!!

Wanita Ini Mendadak Diminta Turun dari Etihad Air

03 Apr 2016 | 5:30 PM

TEMPO.CO, Jakarta – Seorang penumpang wanita pesawat maskapai Etihad Air tidak diizinkan ikut dalam salah satu rute penerbangan pesawat tersebut lantaran dianggap tak dapat menyelamatkan diri di saat kritis. Dwi Ariyani, 36 tahun, seorang pengguna kursi roda diminta turun dari penerbangan rute Jakarta – Jenewa maskapai nasional Uni Emirat Arab tersebut begitu diketahui bepergian sendirian.

“Saat disuruh turun, saya mengatakan pada ketua kru pesawat tersebut bahwa ini diskriminasi, bertentangan dengan konvensi hak disabilitas,” kata Dwi saat dihubungi Tempo, Ahad, 3 April 2016.

Dwi mengatakan dirinya sudah masuk dan duduk dalam pesawat, sebelum akhirnya dihampiri kru penerbangan berkode EY471 itu. “Pesawat akan lepas landas pukul 00.15 (Ahad), tertulis di tiket. Saya sudah di dalam pesawat, malah barang saya sudah ada di bagasi kabin,” ujarnya.

Saat melihatnya sendirian, kru pesawat menganggap Dwi akan kesulitan dalam situasi darurat penerbangan. “Jadi karena saya pengguna kursi roda, katanya nanti saya tak bisa mengevakusi diri kalau ada kecelakaan,” kata wanita asal Solo, Jawa Tengah ini.

Dwi tak bisa menerima alasan yang membuatnya tak jadi terbang ke Jenewa, Swiss itu. “Saya sudah pengalaman terbang ke mana mana, tak pernah ada yang mengatakan saya tak bisa menolong diri sendiri, izin dari imigrasi pun saya sudah punya, kok.”

Menurut Dwi, ganti rugi tiket sudah didapatnya dari perwakilan maskapai yang berada di Bandara Soekarno Hatta. Setelah dari bandara, Dwi pun menginap di Hotel FM7, Tangerang. “Atas hal ini, saya sudah dihubungkan dengan Lembaga Bantuan Hukum Jakarta, karena perlakuan tadi bertentangan dengan hak penyandang disabiitas,” kata dia.

YOHANES PASKALIS
Sumber