MIMPI dan MOTIVASI Suatu Pengenalan akan Potensi Diri anda yang Luar Biasa

PRESENTASI – NUAH TARIGAN di TRISAKTI Kampus F , Jl. Jend. A. Yani – 18 Juni 2012 (jam 13.00)

DR. Ir. Nuah P. Tarigan, MA– The Citizen Architect/ Lecturer/ Facilitator/ Activist

Mimpi, visi, cita-cita, tujuan, goal, arah, determinasi dan lain sebagainya adalah kata kata yang sering kita dengar waktu kita kecil bahkan sampai sekarang, juga kita sampaikan ke anak-anak dan bahkan cucu-cucu kita. Organisasi yang kecil dan besar juga tidak luput memunculkan kata kata ini. Rasanya kita hanya memberikan masukan tentang mimpi atau visi ini dengan sekedarnya dan tidak menerangkan dan menjelaskan lebih komprehensif/ menyeluruh Alangkah baiknya apabila kita menerangkan dan mengimplementasikan proses ini dengan cara yang sederhana tapi dapat berdampak kepada generasi masa depan kita, bahkan kita juga.

Tiada kata terlambat untuk membuat visi atau mimpi, siapapun masih boleh melakukannya, termasuk Kolonel Sanders yang mengembangkan bisnis KFC (Kentucky Fried Chicken) yang baru mendapat visi itu setelah ia berumur lanjut, dan kita dapat melihatnya sebagai usaha restoran yang sangat terkenal di dunia saat ini. Tapi ada juga yang menemukan visi itu waktu usia mereka sangat muda sekali seperti Bill Gates yang mengembangkan bisnis Microsoft.

Ada juga penemu penemu bisnis komersial seperti diatas tapi ada juga aktivis aktivis muda masyarakat yang berhasil dalam mewujudkan mimpinya seperti Butet Marpaung misalnya, dia menjadi sangat terkenal karena determinasinya untuk dapat menolong kaum suku terasing di Sumatera bagian selatan, menjadi guru bagi mereka dan berhasil menembus sumber-sumber dana internasional untuk dapat meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat terasing.

Banyak lagi contoh yang dapat kita lihat dari apa yang dinamakan  dengan kekuatan mimpi, dari Abraham Lincoln yang dapat mengangkat harkat kehidupan kelompok afro amerika di amerika serikat, dan juga Marthin Luther King yang bermimpi suatu waktu nanti bangsa ini tidak memiliki lagi diskriminasi lagi (ini terjadi tahun 1960an) dan sekarang sudah terwujud dengan bangkitnya politisi muda seperti Barack H. Obama dikancah calon presiden dari Partai Demokrat di Amerika.

Ya kekuatan mimpi adalah suatu kekuatan yang sebenarnya sangat besar dan kadang-kadang sering kita tidak menyadarinya. Secara spiritualitas sebenarnya ini sudah terjawab, bahwa sebenarnya kita ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan makhluk Tuhan lainnya. Betapa tidak, kita diciptakan olehnNya untuk dapat menguasai dunia dan juga sekaligus memeliharanya. Namun sering kita melihat bahwa potensi potensi yang kita miliki itu tidak didaya-gunakan secara efektif dan menyeluruh. Diperlukan suatu tahapan tahapan yang berarti dalam mencapai hal ini sebenarnya, diperlukan keterlibatan seluruh aspek panca indera kita secara bersamaan, unsur melihat, mendengar, merasakan secara sentuhan dan rasa yang multi sensoris amat sangat diperlukan. Dan ini juga harus dilakukan tidak cukup satu tahapan saja tapi harus berkali kali, forum ini tidak cukup dalam menerapkan seluruh proses ini karena pelatihannya tidak lah mudah seperti yang dibayangkan. Dibutuhkan perubahan yang transformatif diri dahulu dan bukan paksaan dari orang lain. Dengan memasukkan masukan masukan yang baik dan benar dalam pencernaan otak kita. Bukan dengan pengetahuan pengetahuan yang pernah kita dapatkan disekolah dan di pendidikan formal saja atau juga pengeatahuan yang hanya menekankan otak kiri saja yang cenderung rasional tapi juga menyeimbangkan pemakaian otak kanan yang punya andil besar dalam menciptakan seniman seniman besar yang melankolik.

Mimpi, Potensi dan Motivasi jadinya punya hubungan yang sangat erat, dimulai dari potensi diri kita harus kita sadari secara seksama, kita harus semakin disadari bahwa kita punya potensi, dengan apa? Dengan merenungkan berdasarkan kepercayaan kita masing masing, bahwa Tuhan Yang Maha Esa sudah menciptakan sebagai manusia dengan potensi yang luar biasa.

Ada lagi yang harus diperhatikan yaitu Motivasi, apakah motivasi kita muncul karena ketakutan kita melihat kehidupan saja? Atau motivasi kita takut karena sesuatu yang dari luar saja? Ada dua jenis motivasi lagi yang dapat di pelajari yaitu motivasi karena insentif yang berasal dari luar diri kita (sama dengan yang diatas). Ini disebut dengan motivasi yang sifatnya tidak permanen (tidak dalam jangka lama) dan akan pupus dengan berjalannya waktu karena semuanya berasal dari luar diri kita sebagai manusia.

Tapi Motivasi yang permanen (yang akan tinggal dalam diri kita selamanya) dan akan menjadi daya dinamit yang tinggi adalah MOTIVASI yang berasal dari dalam dan bukan karena paksaan keadaan dan situasi kondisi tapi karena adanya perubahan secara total dari diri manusia itu, dan ini yang dinamakan dengan perubahan yang transformatif, namanya Motivasi Karakter. Ini dimulai dari perubahan cara berfikir kita, kebiasaan berfikir kita dari negatif menjadi positif. Baru setelah itu kita dengan mudah akan dapat mendesign visi dan mimpi kita dengan tanpa ada gangguan yang berarti.

Proses selanjutnya adalah bagaimana membuat mimpi anda dapat terwujud secara nyata yaitu dengan membuat list goal atau tujuan anda. Ini juga dapat dibagi-bagi lagi dalam 6 jenis tujuan, yaitu:

  1. Tujuan Keuangan
  2. Tujuan Kehidupan dalam keluarga
  3. Tujuan Kehidupan sosial
  4. Tujuan Kehidupan rohani/ agama
  5. Tujuan Keluarga
  6. Tujuan Kehidupan mentalitas dan Edukasi

Sekarang bagaimana anda mewujudkannya? Dan inilah tantangan selanjutnya, semoga anda dapat menemukannya.

Nuah P Tarigan’ background is a Community Architect with more than 20 years of rich experience completely in the planning and management (predominantly multinational companies), Nuah also have been handled challenging assignments in ARCHITECTURAL PLANNING AND DESIGN, NGO/ CSO,  general/ planning/ design management and had ever take position as head of marketing and business development operations. His passion for planning, designing, training and working with people led him to take on this role in developing the human capital and organization. He has been involved in transformational development and training actively for the past 10 years and for the past 15 years as part of his management responsibilities. Nuah is also a trainer for personal development with Paul J. Meyer approach.



 

Comments

No comments so far.

  • Leave a Reply
     
    Your gravatar
    Your Name
     
     
     


    × 7 = seven