COMMUNICATION ON ENGANGEMENT GERAKAN PEDULI DISABILITAS DAN LEPRA INDONESIA (GPDLI)

Level 38, Tower A, Kota Kasablanka Jl. Casablanca Raya Kav. 88, Jakarta 12870 – INDONESIA-www.pedulidisabilitas.org

GREETINGS dari Gerakan Peduli Disabilitas dan Lepra Indonesia (GPDLI) hadir di Indonesia sejak tahun 2009 yang merupakan kesepakatan yang dibangun dari 3 orang sahabat, dua orang mengalami kusta bersama teman dekat mereka berdua, Hermen, Amir dan Nuah. Pada Tanggal 15 Desember 2009 di Jakarta-Indonesia

Mereka dengan mantap bersepakat untuk membangun sebuah organisasi rakyat sipil yang berfokus pada bagaimana caranya menghilangkan stigma dan diskriminasi yang terjadi dalam hidup mereka secara pribadi, keluarga dan komunitasnya. Keberhasilan demi keberhasilan dicapai dengan gemilang, sehingga sampai dengan sekarang beribu ribu orang yang mengalami kusta, sudah kembali pulih dari pengasingan dirinya, kembali pada hidup yang biasa. Disamping itu kami juga berhasil menjembatani mereka yang terpinggirkan yaitu kaum disabilitas termasuk didalamnya orang orang yang mengalami kusta, sungguh suatu prestasi yang sangat membanggakan.

Kami telah bekerja sama dengan ratusan lembaga dan individual, dari universitas, perusahaan swasta, BUMN, sekolah, lembaga sosial, kementerian kesehatan, kementerian kesehatan, kementerian dalam negeri dan luar negeri Republik Indonesia dan bahkan lembaga internasional seperti PBB, UN GLOBAL COMPACT, DPI, IDA, ADF, Japan, Korea, Australia, Amerika Serikat beserta lembaga lembaga agama dan lain sebagainya.  Namun tantangan masih sangat besar, apalagi dengan semakin menurunnya bantuan negara dan asing untuk organisasi sosial terlebih khusus yang berkecimpung dalam bidang kusta, atau hansen ini. Ruang lingkup kami berfokus pada pemberdayaan masyarakat khususnya disabilitas dan kusta, mereka adalah kelompok yang sangat dikucilkan didalam masyarakat kota bahkan di desa, diperlukan suatu konsistensi dan berkelanjutan, sehingga sesuai dengan semangat SDG (Sustainable Development Goals) yang baru dicanangkan beberapa waktu dekat yang lalu. Area penjelajahan kami dalam membangun masyarakat adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur dan Tengah serta Yogyakarta, Bali dan Sumatera Utara.

Resonansi pengaruh kami meluas sampai ke seluruh Indonesia dan bahkan dunia. Ribuan sukarelawan kami sudah bergerak dengan sangat konsisten dan tanpa henti, kedepan kami akan membuat semacam tempat pelatihan sederhana serta dekat dengan komunitas yang terpinggirkan, agar mudah di jangkau, sekitar Tangerang, Banten dan berbagai tempat di Indonesia. Kami akan terus melatih mereka agar dapat bekerja dengan baik di perusahaan-perusahaan yang besar dan memperhatikan disabilitas dan kusta dengan baik. Sesuai dengan amanat CRPD (convention of the rights for people with disability) and SD serta UU No 8 Penyandang Disabilitas tahun 2016 yang baru saja disahkan pemerintah dan DPR RI.

KETUA UMUM GPDLI

DR. IR. NUAH P. TARIGAN., MA


 

Comments

No comments so far.

  • Leave a Reply
     
    Your gravatar
    Your Name
     
     
     


    + two = 10