PERNYATAAN FARHAN – Federasi ReINTEGRASI HANSEN Indonesia untuk WORLD LEPROSY DAY – 28 JANUARI 2018

Dengan ini kami aliansi organisasi kusta dibawah naungan FARHAN Federasi Reintegrasi Hansen Indonesia menyatakan, bahwa:

1.UU – Penyandang Disabilitas no 8 tahun 2016 sudah disahkan namun kami masyarakat kusta di Indonesia belum menerima layanan kesehatan yang layak yang menyangkut layanan kesehatan dasar bagi rekan kami yg pernah mengalami kusta juga yang masih dan baru mengalami. Kami menghimbau pemerintah pusat dan daerah memperhatikan dengan seksama hal ini.

2. Stigma kusta sebagai penyakit yang mengerikan masih melekat erat di masyarakat. Orang banyak ketakutan dan takut mendekati kami. Bahkan relawan sosial/ perawat/ medis pun yg notabenenya dikenal peduli dan baik hati pun takut bersama kami. Akibat sosialisasi yang sangat kurang. Masih kalah dengan iklan sinetron dan gosip selebritis. Kami minta kepada pemerintah untuk gencar mengkampanyekan peduli kusta dan deteksi dini. Iklan harus dibuat bersama kami Orang Yang Pernah Mengalami Kusta dan atau bersama organisasi yang konsen terhadap masalah kusta.

Ketua Umum FARHAN (Federasi ReIntergrasi Hansen Indonesia)

Hermen M. Hutabarat.

Masukan dari : Ken Kerta (Malang) dan Nuah Tarigan (Jakarta)

 

Comments

No comments so far.

  • Leave a Reply
     
    Your gravatar
    Your Name
     
     
     


    5 + eight =